RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN
Munggung I No.118 Surakarta
|
Kelas
/ Semester
|
:
|
I
/ 1
|
Tema
|
:
|
3. Kegiatanku
|
Sub
Tema
|
:
|
2.
Kegiatan Siang Hari
|
Pembelajaran
|
:
|
4
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4
x 35 menit
|
Hari
/ Tanggal
|
:
|
Rabu,
14 September 2016
|
Materi
Pokok
|
:
|
Melakukan Gerak Tari dan Menyusun Kalimat Sederhana
|
A.
Kompetensi Inti
KI 1. Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, tetangga, dan guru.
KI 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan
Indikator
Bahasa
Indonesia
3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan,
dan atau syair lagu)
4.7
Menjelaskankosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat
terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
3.7 Mengidentifikasi
kalimat yang menggunakan
kosa kata
yang berhubungan dengan siang hari.
4.7 Menyusun
kalimat dari kosa kata terkait dengan kegiatan siang hari.
SBdP
3.3 Memahami gerakan anggota
tubuh melalui tari
4.3
Memeragakan gerakan anggota
tubuh melalui tari
3.3
Membedakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari
4.3
Memeragakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan memperhatikan contoh dari
guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang
terkait dengan siang hari
2.
Melalui permainan merangkai kata
siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan siang
hari.
3.
Dengan menyimak penjelasan dan
contoh guru siswa mampu mengidentifikasi gerak lemah pada suatu tari dengan tepat.
4.
Melalui gerak dan lagu siswa mampu
memeragakan gerak lemah dalam sebuah tari.
5.
Materi pembelajaran
·
Gerak Tari
·
Teks Cerita Edo
6.
Metode Pembelajaran dan
Pendekatan Pembelajaran
Metode Pembelajaran
·
Ceramah
bervariasi
·
Diskusi
Kelompok
·
Penugasan Individu
Pendekatan Pembelajaran
·
Scientific
7.
Media dan Alat Pembelajaran
·
Buku
teks
·
Lagu “Kupu-kupu”
8.
Sumber Belajar
·
Buku
siswa Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diriku / Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.—Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2016.
·
Buku
guru Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diriku : buku guru/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.—Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2016.
9.
Langkah – langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pembuka (10 menit)
1.
Guru
memberi salam pembuka.
2.
Menyiapkan
kondisi fisik dan psikis siswa
3.
Guru
melakukan presensi kehadiran siswa
4.
Pada
awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa kompetensi yang harus dicapai
5.
Guru
memberikan apersepsi dengan beberapa pertanyaan berkaitan dengan pelajaran yang
akan dipelajari
Kegiatan
Inti ( 120 menit)
1.
Siswa menyimak penjelasan
guru tentang permainan merangkai kata menjadi kalimat yang
akanmereka lakukan.
2.
Guru
memberikan satu kata yang berhubungan
kepada masing-masing kelompok.
Kelompok tersebut harus
membuat kalimat yang
berhubungan dengan siang hari, dari kata tersebut. Caranya adalah masing-masing anak secara bergilir dari mulai yang
paling depan, mengucapkan satu kata dilanjut
dengan teman di
belakangnya. Setiap kelompok akan
mendapatkan poin, jika berhasil membuat kalimat dengan benar. Guru
mencatat berapa kata setiap
kalimat yang
berhasil dibuat di masing-masing
kelompok.
Setelah itu giliran kelompok
berikutnya diberikan satu kata
dan kemudian membuat
kalimat. Seterusnya seperti itu sampai beberapa putaran.
Kelompok pemenangnya adalah yang dapat poin paling
banyak dan paling panjang
kalimatnya.
3.
Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan menari. Siswa mengamati contoh gerak lemah yang
diperagakan guru. Guru memperdengarakan
musik yang
mendukung gerakan lemah
dalam tari.
Misalnya lagu “Kupu-Kupu”
Siswa dapat mempraktikkannya secara berkelompok atau sendiri-sendiri. Guru
mengamati bagaimana siswa
memeragakan gerak lemah dalam tari.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1. Guru mengulas kembali apa yang sudah mereka pelajari hari tersebut.
2. Siswa
diminta menyampaikan kesulitan
yang mereka rasakan.
3. Guru menanyakan perasaan siswa selama
proses pembelajaran.
4. Lalu
meminta salah satu siswa memimpin doa.
10. Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian
sikap:
Observasi dan pencatatan sikap siswa
selama kegiatan ( Lampiran )
2.
Penilaian
pengetahuan:
Test
tertulis dalam lembar kerja siswa ( Lampiran )
3. Penilaian keterampilan :
Refleksi Guru :
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Surakarta, ................................
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Sutimo Adi Subroto, S.Pd.,M.Pd.
NIP.
19630712 198405 1 006
|
Guru
Kelas
Diah Ayu Kristina, S.Pd
NIP.
19911226 201402 2 001
|
LAMPIRAN
1. Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Percaya
Diri
|
Tertib
|
Santun
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
No
|
Nama
|
Bahasa
Indonesia
|
SBdP
|
3.7
|
3.3
|
||
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
11
|
|
|
|
12
|
|
|
|
13
|
|
|
|
14
|
|
|
|
15
|
|
|
|
16
|
|
|
|
17
|
|
|
|
18
|
|
|
|
19
|
|
|
|
20
|
|
|
|
21
|
|
|
|
22
|
|
|
|
23
|
|
|
|
24
|
|
|
|
25
|
|
|
|
26
|
|
|
|
27
|
|
|
|
28
|
|
|
|
29
|
|
|
|
30
|
|
|
|
31
|
|
|
|
32
|
|
|
|
3. Penilaian
Keterampilan
No
|
Nama
|
Bahasa
Indonesia
|
SBdP
|
4.7
|
4.3
|
||
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
11
|
|
|
|
12
|
|
|
|
13
|
|
|
|
14
|
|
|
|
15
|
|
|
|
16
|
|
|
|
17
|
|
|
|
18
|
|
|
|
19
|
|
|
|
20
|
|
|
|
21
|
|
|
|
22
|
|
|
|
23
|
|
|
|
24
|
|
|
|
25
|
|
|
|
26
|
|
|
|
27
|
|
|
|
28
|
|
|
|
29
|
|
|
|
30
|
|
|
|
31
|
|
|
|
32
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar