Senin, 26 September 2016

RPP KURIKULUM 2013 TEMA 2 KELAS 1 SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan
:
SDN Munggung I No.118 Surakarta
Kelas / Semester
:
I / 1
Tema
:
2.   Kegemaranku
Sub Tema
:
3.   Gemar Menggambar
Pembelajaran
:
6
Alokasi Waktu
:
4 x 35 menit
Hari / Tanggal
:
Rabu, 31 Agustus 2016
Materi Pokok
:
Menulis Permulaan,Keluarga dan Bangun Ruang

A.   Kompetensi Inti
       KI 1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
       KI 2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri    dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
KI 3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,  membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
KI 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
3.2.            Mengenal kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang     pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar.
·      Menunjukkan gambar jarak yang baik antara mata dan media menulis.
4.2.  Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/ pasir/meja, melemaskan jari tangan dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·      Mendemonstrasikan jarak yang baik antara mata dan media menulis.

PPKn
1.2     Memahami keberagaman karakteristik individu di rumah.
·      Menggali data tentang gambar kesukaan anggota keluarga (Menunjukkan gambar kesukaan anggota keluarga)
4.3     Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan sehari-hari di rumah.
·      Menceritakan pengalaman menggambar bersama anggota keluarga.
Matematika
3.6   Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda.
·           Mengidentifikasi benda-benda yang berbentuk bola, tabung, balok, atau kubus.
4.6   Mengklasifikasikan bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret.
·           Mengelompokkan benda-benda konkret berdasarkan bentuk bangun ruang.

C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan kegiatan tanya jawab, siswa mampu menunjukkan gambar cara cara meletakkan buku yang tepat saat menulis, dengan disiplin.
2.      Dengan kegiatan tanya jawab, siswa mampu menunjukkan gambar jarak yang baik antara mata dan media menulis, dengan tepat.
3.      Dengan kegiatan membaca permulaan, siswa mampu mendemonstrasikam cara meletakkan buku yang tepat saat menulis dengan disiplin.
4.      Dengan kegiatan mengelompokkan benda, siswa mampu mendemonstrasikan jarak yang baik antara mata dan media menulis, dengan benar.
5.      Dengan kegiatan menebalkan garis, siswa mampu mengidentifikasi benda-benda yang berbentuk bola, tabung, balok, atau kubus dengan benar.
6.      Dengan kegiatan mengelompokkan gambar, siswa mampu mengelompokkan benda-benda konkret berdasarkan bentuk bangun ruang dengan mandiri.
7.      Dengan kegiatan persiapan bercerita, siswa mampu menggali data tentang gambar kesukaan anggota keluarga denga tepat.
8.      Dengan kegiatan bercerita di depan di kelas, siswa mampu menceritakan pengalamannya menggambar bersama anggota keluarga dengan percaya diri.

D.     Materi pembelajaran
·           Petunjuk Meletakkan Buku.
·           Petunjuk Jarak yang Baik Saat Membaca.
·           Menceritakan pengalaman menggambar bersama keluarga.
·           Menebalkan Benda-Benda Berbentuk Bola, Tabung, Balok,atau Kubus.

E.     Metode Pembelajaran dan Pendekatan Pembelajaran
Metode Pembelajaran
·           Ceramah bervariasi
·           Diskusi Kelompok
·           Penugasan  Individu
Pendekatan Pembelajaran
·           Scientific

F.     Media dan Alat Pembelajaran
·       Buku teks
·       Gambar
·       Kertas gambar/karton dan cat air/cat asturo/krayon/spidol warna
·       Gunting, lem, dan isolasi

G.    Sumber Belajar
·           Buku siswa Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diriku / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.—Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
·           Buku guru Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Diriku : buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.—Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.






H.   Langkah – langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembuka (10 menit)
1.         Guru memberi salam pembuka. Menyiapkan kondisi fisik dan psikis siswa
2.         Guru melakukan presensi kehadiran siswa
3.         Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa kompetensi yang harus dicapai
4.         Guru memberikan apersepsi dengan beberapa pertanyaan berkaitan dengan pelajaran yang akan dipelajari

Kegiatan Inti ( 120 menit)

5.    Guru mengingatkan kembali tentang sikap yang harus dilakukan untuk persiapan menulis.
6.    Siswa mempraktikkan sikap persiapan menulis dengan disiplin.
7.    Guru mengajak siswa mengamati benda-benda yang mereka miliki.
8.    Siswa duduk berkelompok untuk mengumpulkan benda-benda yang mereka miliki.
9.    Siswa bersama kelompoknya mengumpulkan benda-benda sesuai bentuknya.
10.     Masing-masing kelompok melaporkan pada guru, benda dengan bentuk apa saja yang mereka dapatkan.
11.     Siswa berlatih mewarnai sebuah gambar yang terdapat beberapa bentuk bangun ruang.
12.     Guru mengingatkan siswa untuk mewarnai bentuk sesuai warna yang sudah ditentukan.
13.   Guru mengajak siswa untuk menghitung bentuk-bentuk yang mereka temukan pada gambar tersebut.
14.   Guru dan siswa bertanya jawab dari kegiatan yang telah dilakukan. Contoh pertanyaan yang mungkin :
·         Berapakah bentuk kubus yang mereka temukan?
·         Berapa bentuk balok yang mereka temukan?
·         Berapa bentuk bola dan tabung yang mereka temukan?
·         Adakah pengalaman siswa ikut lomba menggambar atau mewarnai?
·         Bagaimana persiapan siswa saat mengikuti lomba tersebut?
·         Apakah mereka berlatih ditemani keluarganya?
15.                        Guru bersama siswa menata hasil karya mereka di dinding kelas atau di papan display yang tersedia. 

Kegiatan Penutup (10 menit)                     
16.     Kegiatan ditutup dengan penguatan dan rangkuman dari guru
17.     Guru memberikan tugas rumah yaitu menuliskan nama-nama  cabang olah raga dengan bimbingan orang tua
18.     Guru memberi salam penutup. Salah seorang siswa memimpin berdoa.
19.   Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.





I.      Penilaian Hasil Pembelajaran
1.    Penilaian sikap :
      Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan ( Lampiran )

2.    Penilaian pengetahuan :
-      Test tertulis dalam lembar kerja siswa ( Lampiran )

3.    Penilaian keterampilan :
      Rubrik Kegiatan Menggambar dan Mewarnai









Refleksi Guru :
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________


Surakarta, ................................

Mengetahui
Kepala Sekolah





Sutimo Adi Subroto, S.Pd.,M.Pd.
NIP. 19630712 198405 1 006

Guru Kelas





Diah Ayu Kristina, S.Pd
NIP. 19911226 201402 2 001




LAMPIRAN







1.    Penilaian Sikap


No

Nama
Percaya Diri
Tertib
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













11













12













13













14













15













16













17













18













19













20













21













22













23













24













25













26













27













28













29













30













31













32















2.    Penilaian Pengetahuan


No

Nama
Bahasa Indonesia
PPKn
Matematika
3.2
1.2
3.6
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




11




12




13




14




15




16




17




18




19




20




21




22




23




24




25




26




27




28




29




30




31




32








3.    Penilaian Keterampilan


No

Nama
Bahasa Indonesia
PPKn
Matematika
4.2
4.3
4.6
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




11




12




13




14




15




16




17




18




19




20




21




22




23




24




25




26




27




28




29




30




31




32






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar