RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN
Munggung I No.118 Surakarta
|
Kelas /
Semester
|
:
|
I / 1
|
Tema
|
:
|
3. Kegiatanku
|
Sub Tema
|
:
|
1. Kegiatan Pagi Hari
|
Pembelajaran
|
:
|
6
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4 x 35
menit
|
Hari /
Tanggal
|
:
|
Selasa,27 September 2016
|
Materi
Pokok
|
:
|
Penjumlahan, Pengurangan, dan Menjelaskan Kosa kata Bahasa Indonesia
|
A.
Kompetensi Inti
KI 1. Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
tetangga, dan guru
KI 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca]
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain
KI 4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Matematika
3.1.Menjelaskan
makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan obyek.
·
Membilang
secara urut, bilangan 11 sampai dengan 20 dengan bantuan benda konkret
3.2.Menjelaskan
lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
·
Mengelompokkan
benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan (11 sampai dengan 20)
4.1.Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan
banyak anggota kumpulan obyek yang disajikan
·
Mengenal
lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat.
4.2.Menuliskan
lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan
obyek dengan ide nilai tempat
·
Menuliskan
lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat
Bahasa
Indonesia
3.8 Mengenal
ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian
pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang laindengan
menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu
dengan kosa kata bahasa daerah.
·
Menunjukkan
ungkapan permintaan tolong lisan atau tulisan dengan tepat
4.8
Mengucapkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian
pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan
dan tulisan.
·
Menggunakan
ungkapan permintaan tolong lisan atau tulis dengan tepat
PPKn
3.1 Memahami
simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
·
Menyebutkan
kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
4.1
Melakukan kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”
·
Menunjukkan
kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan permintaan
tolong dengan tepat.
2. Melalui kegiatan permainan peran
siswa mampu mengungkapkan permintaan
tolong dengan tepat
3. Melalui diskusi yang dikaitkan
dengan kegiatan pagi hari siswa mampu mengidentifikasi ungkapan permintaan
tolong dengan tepat.
4. Melalui tanya jawab siswa mampu
menceritakan pengalaman menunjukkan sikap yang sesuai dengan sila Pancasila
dengan tepat.
5. Dengan menggunakan benda-benda
konkret/gambar siswa dapat membilang 11 sampai dengan 20secara urut dengan
tepat.
6. Dengan menggunakan gambar dan kartu
bilangan siswa mampu menunjukkan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan
tepat.
7. Dengan menggunakan benda-benda
konkret/gambar, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan 11
sampai dengan 20 yang ditentukan, dengan tepat.
8. Dengan menggunakan lembar latihan
soal siswa mampu menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat.
D. Materi
pembelajaran
·
Lambang bilangan 11 sampai dengan 20.
·
Cerita Pengalaman.
E. Metode
Pembelajaran dan Pendekatan Pembelajaran
Metode Pembelajaran
·
Ceramah
bervariasi
·
Diskusi
Kelompok
·
Penugasan Individu
Pendekatan Pembelajaran
·
Scientific
F. Media
dan Alat Pembelajaran
• Tayangan
berita berupa video /berita radio/artikel dari koran
• Media
berhitung
•
Kartu-kartu bilangan 11 sampai dengan 20
G. Sumber
Belajar
·
Buku
siswa Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diriku / Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.—Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2016.
·
Buku
guru Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Diriku : buku guru/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.—Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2016.
H. Langkah
– langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembuka (10 menit)
1.
Guru memberi
salam pembuka. Menyiapkan kondisi fisik dan psikis siswa
2.
Guru melakukan
presensi kehadiran siswa
3.
Pada awal
pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa kompetensi yang harus dicapai
4.
Guru
memberikan apersepsi dengan beberapa pertanyaan berkaitan dengan pelajaran yang
akan dipelajari
Kegiatan
Inti ( 120 menit)
5. Guru menunjukkan gambar situasi
percakapan pada gambar yang ada di buku teks. Guru membacakan percakapan yang
ada pada gambar situasi yang ada pada buku teks tersebut.
6. Guru mensimulasikan percakapan itu
kepada siswa agar siswa bisa mengidentifikasi ungkapan permintaan tolong yang
ada pada percakapan tersebut.
7. Setelah menyimak contoh guru, siswa
membentuk kelompok sejumlah 3 orang seperti yang terlihat pada gambar. Siswa
latihan bermain peran seperti yang sudah disimulasikan oleh guru.
8. Masing-masing kelompok boleh membuat
dialog yang berbeda dengan yang dicontohkan, asal dialognya memuat ungkapan
permintaan tolong.
9. Setelah diberi waktu berlatih
kira-kira lima menit, masing-masing kelompok menunjukkan permainan perannya
masing-masing. Guru mengamati proses tersebut dan melakukan evaluasi.
10. Setelah semua kelompok maju guru
mengajak siswa melakukan refleksi kegiatan yang baru saja mereka lakukan.
11. Selanjutnya guru mengingatkan
kembali tentang urutan bilangan dan cara menulis lambang bilangan 11sampai
dengan 20.
12. Beberapa siswa diminta maju ke depan
untuk berlatih menuliskan lambang bilangan yang disebutkan oleh guru.
13. Kemudian guru membentuk kelompok.
Masing-masing kelompok diberikan beberapa kartu bilangan yang sama.
14. Guru mengadakan lomba adu cepat
menyusun urutan bilangan (bisa urutan dari kecil ke besar atau sebaliknya)
15. Guru memberi aba-aba hitungan
sebagai tanda untuk lomba dimulai.
16. Setiap kelompok menyusun kartu-kartu
bilangan sesuai urutan yang ditentukan guru Setelah siswa mengerti, guru
meminta siswa menyelesaikan soal latihan yang ada di buku teks.
Kegiatan Penutup (10 menit)
17. Guru
mengulas kembali apa yang sudah mereka pelajari hari tersebut.
18. Siswa
diminta menyampaikan kesulitan yang mereka rasakan.
19. Guru
menanyakan perasaan siswa selama proses pembelajaran.
20. Lalu meminta
salah satu siswa memimpin doa.
I. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian
sikap :
Observasi dan pencatatan sikap siswa
selama kegiatan ( Lampiran )
2.
Penilaian
pengetahuan :
- Test tertulis
dalam lembar kerja siswa ( Lampiran )
3. Penilaian keterampilan :
Refleksi Guru :
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Surakarta,
................................
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Sutimo Adi Subroto,
S.Pd.,M.Pd.
NIP.
19630712 198405 1 006
|
Guru
Kelas
Diah Ayu
Kristina, S.Pd
NIP.
19911226 2014022001
|
LAMPIRAN
NB. Lampiran Bisa Dilihat di RPP sebelumnya (Ada Kesalahan Upload)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar